Informasi

Wujudkan SPBE, Pemkab Sergai Launching Aplikasi CMS

Serdang Bedagai – Sebagai upaya dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bekerja sama dangan Bank Sumut Cabang Sei Rampah, me-Launching Aplikasi Cash Management System (CMS) di Aula Dinas Kesehatan, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (25/9/2021).

Launching ini merupakan hasil dari Proyek Perubahan (Proper) yang digarap oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Rusmiani Purba pada kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XIII Tahun 2021 di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Kajian Hukum Administrasi Negara (KHAN) Banda Aceh.

Disela-sela kegiatan launching tersebut, Kaban PKA Rusmiani Purba menyampaikan, selain penerapan SPBE, lahirnya aplikasi CMS ditingkat OPD ini juga merupakan tindak lanjut dari implementasi Peraturan Bupati Serdang Bedagai Nomor 40 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Transaksi Non Tunai dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sergai.

” Implementasi ini diuji coba pada 7 (tujuh) OPD sebagai Pilot Project dalam mendukung Proper yang sedang saya garap dengan judul Strategi Tata Kelola Keuangan dalam mendukung Peningkatan Penerimaan Negara (Strata PENA). CMS ini juga sudah dilaksanakan di tingkat Bendahara Umum Daerah (BUD),” jelas Rusmiani.

Adapun ketujuh OPD yang menjadi sasaran uji coba yaitu Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, BPKA, Bappeda dan BKD, ujarnya.

Selain itu, tambahnya lagi, bahwa CMS ini dapat menjadikan pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efesien dan akuntabel sehingga SPBE di jajaran Pemkab Sergai dapat terwujud dengan baik, pungkas Kaban PKA Sergai. (tri)

What's your reaction?

Happy
0
In Love
0
Not Sure
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.